PROFIL SMA NEGERI 1 CURUGBITUNG
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 CURUGBITUNG
Alamat : Kp. Pasir Buah
Jalan : Maja-Jasinga Km.15
Desa/Kelurahan : Candi
Daerah : Desa
Kecamatan : Curugbitung
Kabupaten/Kota : Lebak
Propinsi : Banten
Kode Pos : 42381
Nomor telepon : 081 382 663 920
Nomor Statistik Sekolah : 30 1 01 03 13 018
NPSN : 20613913
Jenjang Akreditasi : Terakreditasi C
Sekolah Dibuka Tahun : 2005
Status Tanah : Hak Milik
Luas Tanah : 7670 m2
a. Surat Kepemilikan Tanah : Sertifikat
b. Luas Bangunan : 396 m2
Status Bangunan
a. Bentuk Sekolah : Biasa/ Konvensional
b. Status Sekolah : Negeri
Waktu Penyelenggaraan : Pagi
SK Penunjukkan Kepala Sekolah: SK Bupati Kab. Lebak
No. 828/KEP.436/BKD/2008
Keterangan SK : Penegerian
Nomor Rekening Sekolah : 0080-01-019985-50-0 atas nama SMAN 1
Curugbitung. BRI Cabang Rangkasbitung
Unit Curugbitung
Identitas Kepala Sekolah
Nama Lengkap : Hartono Ramdi, M.Pd
NIP : 19710111.199512.1.001
Tempat Tanggal Lahir : Lebak, 11 November 1971
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S.2
Jurusan : Matematika
Alamat : Perum BMW No. 3 Blok AA Sektor 2 Desa
Maja Kec Maja Kab. Lebak Telp. 08128526956
Kode Pos 42381
A. Komite Sekolah
- Nama Lengkap : YUMAN UBAIDI, S.Pd
- Pendidikan Terakhir : S.1
- Pekerjaan : PNS
B. Struktur Organisasi Sekolah
Kepala Sekolah : HARTONO RAMDI, M.Pd
Wakil Ur. Kurikulum : Sriyanta, S.Pd
Wakil Ur. Kesiswaan : Zusa, S.Ag
Wakil Ur. Sar/Pras : Mira Apriyanti, S.Pd
C. Struktur Kepengurusan Komite
Ketua : Yuman Ubaidi
Wakil Ketua : Nurdi
Sekretaris : Zusa, S.Ag
Bendahara : Mahcmud
Anggota : 1. Ust. Toyib
2. Tatang Muchtar
3. Ketua OSIS
Pelatihan Yang pernah diikuti :
No | Nama Diklat | Penyelenggara | Jumlah jam | Tahun |
1 | Manajemen Mutu Kepala Sekolah Tingkat Kabupaten Lebak | Dindik Kabupaten Lebak | 36 jam | 2007 |
2 | Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Nasional di Yogyakarta | Depdiknas | 120 jam | 1999 |
3 | Kontruksi Test Tingkat Propinsi Banten | Dindik Propinsi Banten | 36 jam | 2002 |
4 | Sosialisasi Dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tingkat Propinsi Banten | Dindik Propinsi Banten | 36 jam | 2004 |
1. Data Siswa dalam 3 Tahun Terakhir:
Tahun ajaran | Jumlah pendaftar (calon siswa baru) | Kelas X | Kelas XI | Kelas XII | Jumlah | ||||
Jmh siswa | Jmh rombel | Jmh siswa | Jmh rombel | Jmh siswa | Jmh rombel | siswa | Rombel | ||
2006/2007 | 70 | 61 | 1 | 44 | 1 | 47 | 1 | 152 | 3 |
2007/2008 | 85 | 83 | 2 | 53 | 2 | 37 | 1 | 169 | 5 |
2008/2009 | 90 | 78 | 2 | 56 | 2 | 47 | 2 | 181 | 6 |
2009/2010 | 120 | 101 | 2 | 75 | 2 | 55 | 2 | 231 | 6 |
2010/2011 | 64 | 64 | 2 | 92 | 2 | 67 | 2 | 223 | 6 |
2. Data Ruang Kelas:
Keterangan | Jumlah | | Jumlah Ruang | Jumlah yang kondisi baik | Jumlah yang dibutuhkan | Kategori kerusakan | |
Ruang kelas asli | 4 | | Ruang Kelas | 4 | 4 | 2 | Sedang |
Ruang lain yang digunakan ruang kelas | 2 | | Laboratorium | 1 | 1 | - | Sedang |
| Kelas Baru | - | - | 1 | - | ||
| Keterampilan | - | - | 1 | - | ||
Jumlah | 6 | | Lab bahasa | - | - | 1 | - |
3. Data Ruang Lain:
Jenis Ruang | Jumlah (buah) | Ukuran (m) | Jenis Ruang | Jumlah (buah) | Ukuran |
1. Lab IPA | 1 | 8 x 15 | 1. Lab. Bahasa | - | ….x…. |
2. Kelas Baru | - | ….x…. | 2. Asrama Guru | - | ….x…. |
3. Keterampilan | - | ….x…. | 6. | - | ….x…. |
4. Data Guru
Jumlah Guru/Staff | Jumlah | Keterangan |
Guru Tetap (PNS) | 15 orang | |
Guru Kontrak/GB | - | |
Guru Honorer Sekolah | 3 orang | |
Staff TU Tetap (PNS) | 1 orang | |
Staff TU Tidak Tetap | 2 orang | |
5. Sumbangan Komite Sekolah rata – rata tiap murid.
Keadaan Siswa | Sumbangan Komite rata – rata tiap murid perbulan | |||
Jumlah Siswa | Rata – rata perbulan | Jumlah perbulan | Jumlah pertahun | |
Kelas X | 60 | 70.000 | 4.200.000 | 50.400.000 |
Kelas XI | 92 | 50.000 | 4.600.000 | 55.200.000 |
Kelas XII | 70 | 50.000 | 3.500.000 | 42.000.000 |
Saat berdiri tahun 2001 s/d 2005 SMA Negeri 1 Curugbitung dengan status kelas jauh dari SMA Negeri 1 Maja. Dan belum memiliki gedung sendiri. Tahun 2005 sampai sekarang mulai memiliki gedung sendiri dengan kondisi sebagai betikut :
No | Jenis Ruang | Fungsi Ruang | Jumlah Ruang | Luas Ruang (m2) | Jumlah Luas (m2) |
I. | RUANG BELAJAR | ||||
1.1 | Teori | KBM | 4 | 72 | 288 |
1.2 | Perpustakaan | R. Baca | 1 | 120 | 120 |
1.3 | Laboratorium | Lab. | 1 | 120 | 120 |
1.4 | Lab. Komputer | Lab | - | - | - |
II. | RUANG KANTOR | ||||
2.1 | Laboratorium | Kep. Sek | - | - | - |
2.2 | Tata Usaha | TU | - | - | - |
2.3 | Guru | Guru | - | - | - |
III. | RUANG PENUNJANG | ||||
3.1 | WC | WC | 2 | 6 | 12 |
3.2 | Gudang | Gudang | - | - | - |
IV. | LUAS TANAH : Luas Tanah Keseluruhan | 7670 | |||
| Luas Tanah Yang Masih Tersedia | 7130 | |||
| Status Tanah | Hibah |
I. Jumlah Rombongan Belajar Kelas X, XI, XII
Keadaan Siswa | Jumlah Ruangan Belajar | Jumlah Rombongan Belajar | Jumlah Kekurangan Ruang Belajar | Solusi kekurangan kelas |
Kelas X | 2 | 2 | 1 | Perpustakaan |
Kelas XI | 2 | 2 | 0 | - |
Kelas XII | 2 | 2 | 1 | Laboratorium |
VISI DAN MISI SEKOLAH
A. Visi SMA Negeri 1 Curugbitung
Berdasar pada hal-hal di atas maka SMA Negeri 1 Curugbitung mencanangkan visi :
Berprestasi akademik dan beramal ilmiah, berberilmu alamiah, serta memiliki ilmu pengetahuan yang berlandaskan kebangsaan dan berketuhanan Yang Maha Esa.
B. Misi SMA Negeri 1 Curugbitung
1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Pengembangan profesionalisme kerja.
3. Pengembangan berbagai upaya pembaharuan pendidikan.
4. Kualitas dalam keilmuan yang aplikatif.
C. Tujuan SMA Negeri 1 Curugbitung
Adapun secara rinci dari penjabaran tujuan dari SMA Negeri 1 Curugbitung yang termaktub dalam Visi dan Misi yang telah disebutkan di atas adalah sebagai berikut:
1. Menjalankan amanat tujuan Pendidikan Nasional.
2. Mewujudkan Standar Kompetensi Lulusan.
3. Merealisasikan Visi dan Misi Sekolah.
4. Mewujudkan SMA Negeri 1 Curugbitung menjadi Sekolah dapat bersaing dengan dengan sekolah lain.
5. Memberikan keteladanan peibadi yang berbudi luhur serta berkarakter akhlaqul karimah bagi setiap insan di lembaga ini.
6. Membimbing siswa agar tekun beribadah dalam kehidupannya sehari – hari.
7. Mendorong siswa untuk giat menuntut ilmu.
8. Memberikan pola pikir pendidikan sebagai pilihan
9. Membiasakan untuk hidup sehat jasmani, rohani, maupun pikiran.
10. Melatih keterampilan dasar sesuai dengan situasi dan kondisi bakat, minat dan keinginan siswa.
11. Membimbing siswa untuk dapat meneruskan ke jenjang pendidikan menengah atau dapat hidup di masyarakat.
12. Mendidik siswa untuk bersikap jujur, amanah, berani, bertanggung jawab, serta cinta tanah air.
13. Menciptakan suasana lingkungan yang bermakna, amana, dan bermartabat.
14. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat agar terciptanya proses pendidikan yang kondusif.
15. Menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana sekolah secara bertahap dan berkelanjutan.
16. Menyusun RAPBS dan merealisasikannya secara transparan, dan berimbang.
17. Meningkatkan kerjasama dengan elemen masyarakat dalam rangka pengembangan proses pendidikan.
18. Mengoptimalkan peran Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pelayanan dan pengawasan pendidikan.
19. Menata sistem kerja, manajemen dan administrasi sekolah secara baik.
Kelemahan dan Kekurangan di SMA Negeri 1 Curugbitung.
Ø Ruang belajar perlu ditambah agar mencukupi dalam kegiatan belajar mengajar
Ø Peralatan praktek komputer yang masih kurang memadai
Ø Belum memiliki sarana/lapangan olah raga sepak bola.
Ø Kebanyakan sosial ekonomi orang tua yang kurang mampu.
Ø Kultur masyarakat yang belum memahami secara maksimal terhadap arti peningnya pendidikan bagi anak-anaknya.
Ø Masih ada guru yang merangkap dlam mengampu bidang study
Ø Disiplin waktu, kebersihan, kepatuhan terhadap aturan yang berlaku perlu ditingkatkan
Ø Perlu ditingkatkan dukungan orang tua siswa dan masyarakat terhadap rencana prgram yang telah ditetapkan antara orang tua dengan sekolah
A. Potensi dan tantangan
Pengembangan pmberdayaan pengetahuan umum dan keterampilan siswa yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Curugbitungn adalah sebuah keniscayaan dalam dunia pendidikan untuk mengantarkan peserta didik dalam menghadapi masa yang akan datang. Sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya yang lebih luas. Potensi sumber daya manusia ini meliputi:
1. Menyediakan sarana kondisi belajar kepada masyarakat
2. Menyediakan kesempatan belajar bagi anak usia belajar unutuk mencapai tingkat yang lebih tinggi
3. Menyiapkan pelatihan keterampilan khusus guna memberikan dasar kemampuan siswa dalam menghadapi dunia kerja sehingga dapat menyesuaikan keterampilannya dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki
4. Menyiapkan pola dasar pengetahuan kemandiirian para siswa dalam menjalani kehidupannya
B. Permasalahan dan Alternatif Pemecahan
Dengan memperhatikan dari beberapa identifikasi di atas mengenai kekuatan, kekurangan, hambatan dan kelemahan yang dimiliki baik internal maupun eksternal sekolah yang perlu dipecahkan secara bersama. Kami menyadari permasalahan tidak bisa diselesaikan oleh sekolah, akan tetapi berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat perlu meningkatkan kerjasamanya. Adapun asumsi dasar dalam memecahkan permasalahan yang menjadi pilihan adalah:
1. Kurang memadai ruang praktek belajar siswa. Sebagai usaha perlu dilakukan penambahan ruang/gedung baru secara bertahap dalam memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak, agar lingkungan sekolah lebih tertata dengan baik dan nyaman
2. Kurangnya ruang belajar mengajar siswa, maka perlu adanya komitmen pemerintah dan kerjasama masyarakat dalam mewujudkan sekolah yang lebih baik
3. Kondisi jaringan instalasi listrik yang kurang memadai dilingkungan sekolah, maka perlu adanya koordinasi yang kontinyu pemerintah daerah dengan instalasi yang terkait guna mrlakukan pengamanan jaringan yang lebih tua.
4. Kurangnya minat para siswa dalam memasuki pendidikan yang lebih tinggi, maka sekolah memberikan motivasi berprestasi untuk meraih cita-citanya.
5. Kebanyakan kemampuan ekonomi orang tua siswa dalam taraf dibawah batas minimal, sehingga dala membiayai anaknya mengalami hambatan. Kira-kira 65% anak dalam pembayaran mengalami tunggakan dalam tiap bulannya untuk mengantisipasi hal tersebut, maka demi menunjang kebutuhan para siswa didik perlu diajuan bea-siswa atau subsidi dalam membantu proses pendidikan anak.
6. Ingkat kedisiplinan siswa dalam memanfaatkan fasilitas dan sarana belajar yang perlu ditingkatkan, seperti keikutsertaan siswa dalam memelihara sarana sekolah. Dalam menghadapi hal itu, perlu secara terus menerus dan intensif dan konsisten membenahi perangkat aturan yang bisa diterapkan dilingkungan sekolah.
C. Program kerja dan jadual pelaksanaan pengadaan Lab Multimedia
Secara umum SMA Negeri 1 Curugbitung dalam konsentrasi pembelajarannya membuka program study dua jurusan:
1. Program study jurusan sosial
2. Program study jurusan IPA
Tentu saja, aplikasi dalam dunia kerja para siswa akan menghadapi alat-alat teknologi yang berbeda. Maka sudah barang tentu, para peserta didik sangat perlu mempunyai bekal untuk menghadapi permasalahan yang akan dihadapi. Susunan prograkm kerja pengadaan Laboratorium Multimedia akan dilaksanakan sebagai berikut:
Program 1 : pengadaan sarana prasarana media belajar Multimedia.
Tujuan : penyediaan sarana kegiatan belajar mengajar Teknologi Informatika.
Langkah yang dilakukan adalah :
a. Melakukan infentarisasi prioritas sarana prasarana yang diperlukan.
b. Menyusun Proposal Bantuan perangkat Multimedia kepada instansi pemerintah yang bersangkutan baik daerah maupun pusat
c. Melakukan pemetaan sarana pengadaan sarana belajar Multimedia
d. Pelaksanaan pengadaan Laboratorium Multimedia
Penanggung jawab : Sriyanta, S.Pd
Jabatan : Ur. Kurikulum
Program 2: Mengadakan penyelenggaraan kegiatan pelatihan penggunaan Teknlogi Informatika dan Multimedia bagi tenaga pendidik dan kependidikan.
Tujuan: bimbingan dan pelatihan tenaga pendidik dan kependidikan dalam menggunakan alat teknologi dan komunikasi dalam memberikan pelayanan kegiatan belajar mengajar dengan baik secara aktual.
Langkah kegiatan yang dilakukan:
a. Melakukan koordinasi dengan narasumber yang terkait.
b. Menyusun jadwal bimbingan dan pelatihan
c. Melaksanakan praktek sesuai jadwal
Penanggung jawab : Dini Rohayati, S.Pd
Jabatan : Pembina OSIS
Program 3 : Penyelenggaraan Pendidikan Pelatihan Keterampilan Teknologi Informatika bagi peserta didik.
Tujuan: meningkatkan kemampuan intelektual peserta didik dalam penggunaan Komputer dan Internet sebagai media belajar.
Rincian Program:
a. Menyusun jadwal praktek Komputer dan Internet
b. Membagi kelompok-kelompok kecil sesuai jadwal praktek
c. Menyusun format materi sesuai dengan kurikulum
mantapp pak..
BalasHapusSiap.. saya akan mengembangkan perikanan pak..
BalasHapus